Pages

RFC (Request For Comments)

Lahirnya format RFC terjadi pada tahun 1969 sebagai bagian dari proyek ARPANET seminalis. Sekarang ini, adalah saluran publikasi resmi untuk Internet Engineering Task Force (IETF), Internet Architecture Board (IAB), dan-untuk beberapa komunitas global jaringan komputer peneliti pada umumnya.


Penulis RFC typewrote dan hard copy pertama kali beredar di antara para peneliti ARPA. Tidak seperti RFC modern, banyak dari RFC awal itu permintaan untuk komentar. Pertanyaan daun RFC terbuka dan ditulis dalam gaya yang kurang formal. Ini tidak terlalu formal, sekarang gaya khas Internet Draft dokumen, langkah pendahulu sebelum disetujui sebagai RFC.

Pada Desember 1969, peneliti mulai membagikan RFC baru melalui ARPANET operasional yang baru. RFC 1, berjudul "Host Perangkat Lunak", ditulis oleh Steve Crocker dari University of California, Los Angeles (UCLA), dan diterbitkan pada 7 April 1969. Meskipun ditulis oleh Steve Crocker, RFC muncul dari kelompok kerja awal diskusi antara Steve Crocker, Steve Carr dan Jeff Rulifson. (Daftar Dokumen Bill Duvall memiliki hanya menghadiri pertemuan kelompok kerja terakhir sebelum publikasi.)

Dalam RFC 3, yang pertama kali mendefinisikan seri RFC, Crocker mulai menghubungkan rangkaian RFC ke "Network Working Group". Kelompok ini tampaknya tidak pernah memiliki eksistensi formal, karena agak didefinisikan sebagai "kelompok orang ini", tetapi tetap pada RFC atribusi untuk saat ini.
Banyak dari RFC berikutnya dari tahun 1970-an juga datang dari UCLA, bukan hanya karena kualitas dari beasiswa, tetapi juga karena UCLA adalah salah satu pertama Interface Message Processors (IMPS) di ARPANET.

Dari 1969 sampai 1998, Jon Postel menjabat sebagai RFC editor. (Pada kematiannya pada tahun 1998, berita kematiannya diterbitkan sebagai RFC 2468.) Menyusul berakhirnya masa ARPANET asli kontrak dengan pemerintah federal Amerika Serikat, Internet Society (bertindak atas nama IETF) dikontrak dengan Divisi Jaringan Informasi USC Sciences Institute untuk mengasumsikan bahwa tanggung jawab redaktur dan penerbitan (di bawah arah IAB). Jon Postel terus melayani sebagai RFC Editor hingga kematiannya. Kemudian, Bob Braden mengambil alih peran proyek timah, sementara Joyce K. Reynolds terus menjadi bagian dari tim sampai Oktober 13, 2006.

RFC produksi dan evolusi
Editor RFC RFC memberikan tiap nomor seri yang unik. Setelah diberikan nomor dan diterbitkan, sebuah RFC tidak pernah dicabut atau diubah; jika dokumen memerlukan amandemen, para penulis mempublikasikan dokumen yang telah direvisi. Oleh karena itu, beberapa RFC menggantikan orang lain; yang digantikan RFC dikatakan usang, usang, atau bahkan usang (sic). Bersama-sama, RFC serial yang terus-menerus menulis catatan sejarah evolusi Internet standar dan praktek.

Perhatikan bahwa istilah RFC tidak unik untuk seri ini. Beberapa organisasi lain telah menerbitkan dokumen menggunakan istilah RFC. Namun, IETF RFC sejauh ini yang paling terkenal RFC seri di Internet.
RFC proses produksi yang berbeda dari proses standarisasi formal organisasi standar seperti ISO. Ahli teknologi internet dapat mengajukan Rancangan Internet tanpa dukungan dari lembaga eksternal. Standar-lagu RFC yang diterbitkan dengan persetujuan dari IETF, dan biasanya dihasilkan oleh para ahli yang berpartisipasi dalam kelompok kerja, yang pertama kali menerbitkan Internet Draft. Pendekatan ini memfasilitasi putaran awal peer review sebelum matang ke dalam dokumen RFC.

Tradisi RFC pragmatis, pengalaman-didorong, setelah fakta kepengarangan standar dicapai oleh individu atau kelompok-kelompok kerja kecil memiliki keuntungan penting selama lebih formal, proses yang digerakkan komite khas dari ISO dan badan standar nasional.

Simbol dari beberapa keuntungan ini adalah adanya tradisi yang maju, lelucon RFC. Biasanya setidaknya satu yang diterbitkan setiap tahun, biasanya di April Mop. Misalnya ada orang iseng yang publish RFC 2324 "Hyper Text Coffee Pot Control Protocol" pada tanggal 1 Apr 1998. Isinya tentang bagaimana membuat minuman kopi yang enak menggunakan suatu protokol yang mengendalikan mesin pembuat kopi...
Kebanyakan RFC menggunakan suatu set umum istilah-istilah seperti "HARUS" dan "NOT RECOMMENDED" (sebagaimana didefinisikan oleh RFC 2119), Augmented Backus-Naur Form (ABNF) (seperti yang didefinisikan oleh RFC 5234) sebagai metalanguage, dan sederhana berbasis teks format, dalam rangka untuk menjaga RFC konsisten dan mudah dipahami.

Mendapatkan RFC
Sumber resmi RFC di World Wide Web adalah RFC Editor.
Seseorang mungkin mengambil hampir setiap individu, diterbitkan RFC, seperti RFC 5000, melalui URL dalam bentuk contoh berikut: http://www.rfc-editor.org/rfc/rfc5000.txt
Setiap RFC diajukan sebagai teks ASCII biasa dan diterbitkan dalam bentuk itu, tetapi mungkin juga tersedia dalam format lain. Namun, pada 2008 [update] versi apapun spesifikasi adalah versi ASCII.

Status / Kategori RFC
Setiap RFC memiliki status yang dikategorikan ke dalam beberapa hal :
• STANDARD, DRAFT STANDARD, PROPOSED STANDARD - Ini merupakan dokumen standard resmi yang dikeluarkan oleh IETF dan IESG (steering group)
• BEST CURRENT PRACTICE - Ini merupakan paduan dan rekomendasi resmi dari IETF, tetapi bukan standard
• INFORMATIONAL, EXPERIMENTAL - Ini merupakan dokumen tidak standard yang bisa disubmit oleh siapapun (termasuk oleh IETF)
• HISTORIC - Ini dokumen yang dulunya standard tetapi sekarang dimatikan

Dokumen Proprietary di dalam RFC
Ketidaktahuan banyak orang mengenai RFC ini seringkali dijadikan akal-akalan vendor yang terlalu cerdas. Biasanya mereka menyatakan bahwa produknya lebih unggul karena memiliki fitur standard (ada RFCnya) yang orang lain tidak punya. Vendor seperti ini biasanya ingin berusaha comply sebanyak mungkin dengan spesifikasi teknis di dalam RFP (Request for Proposal).

0 comments:

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.


Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan). Jika komentar anda berupa pertanyaan, maka jika anda menggunakan opsi ini tidak akan ditanggapi. Lebih baik anda gunakan pilihan dibawah ini:


Jika ingin komentar anda tidak dipublikasi, silahkan klik disini

Masih kesulitan juga membuat komentar? silahkan klik disini